Qatar at a glance

Qatar adalah semenanjung dengan luas 11,437 km persegi yang berlokasi di pertengahan pantai barat Teluk Arab. Panjang garis pantainya sekitar 563 km. Wilayahnya datar dan berbatu tertutupi dengan dataran dan bukit pasir. Ada beberapa pengecualian munculnya daerah berkapur di utara dan barat laut. Qatar berbatasan dengan Saudi di selatan, dan Teluk Arab di bagian yang lain.

 

 

Peta Qatar
Peta Qatar

 

Secara demografi, total populasinya pada Agustus 2008 mencapai 1.45 juta (sumber: Wikipedia ). Karena menguatnya perekonomian, populasi meningkat dengan pertumbuhan 9% per tahun beberapa tahun belakangan. Hampir 50% populasi bermukim di Doha, ibukota administratif dan bisnis. Beberapa pusat pemukiman lainnya adalah Dukhan di pantai barat, Mesaieed dan Al Wakra di selatan, dan Ras Laffan dan Al Khor di utara. Ras Laffan Industrial City sedang menciptakan pengembangan pemukiman di Al Khor dan daerah yang berdekatan dengan Ras Laffan.

 

Qatar memiliki iklim gurun sedang dengan musim dingin sedang dan musim panas. Malam waktu musim dingin bisa dingin meskipun jarang mencapai di bawah 7 derajat celcius. Musim dingin biasanya berlangsung mulai bulan October dengan Januari umumnya bulan paling dingin dengan suhu terendah 10 derajat dan tertinggi sekitar 27 derajat. Sementara bulan paling panas adalah Juni sampai Agustus dengan temperatur maksimum bisa mencapai 42 derajat. Hujan sangat jarang, kalaupun turun pada hari tertentu antara Oktober dan Maret.

 

Arab adalah bahasa resmi tapi Inggris dipergunakan secara luas. Semua dokumen resmi (seperti visa dan permohonan resident permit) harus ditulis dalam Arab. Islam adalah agama resmi dan Shari’a adalah sumber utama peraturan.

 

Bentuk pemerintahannya adalah emirat dengan emir sebagai penguasa Qatar. Kekuasaan turun temurun dalam keluarga Al Thani, di mana kekuasaan diturunkan dari ayah ke anak laki-lakinya. Jika tidak ada anak laki-laki, kekuasaan diturunkan ke orang yang dipilih Emir di dalam keluarga Al Thani.

 

Emir adalah kepala autoritas konstitusional, memegang kekuasaan legislatif dan eksekutif. Emir menunjuk perdana menteri dan menterinya.

 

Waktu lokal Qatar adalah 3 jam lebih cepat daripada GMT (GMT+3). Mata uang resmi adalah Qatari Riyal (QR) yang dibagi dalam 100 dirhams. Nilai tukar terhadap US dollar telah dipatok tetap pada US$1 = QR3.64.

 

Hari kerja di Qatar dari Minggu sampai Kamis. Jumat dan Sabtu adalah hari libur. Jam kerja kantor pemerintah dari jam 7 sampai jam 2 siang. Jam buka toko bervariasi tapi umumnya 8.30 pagi sampai 12.30 siang dan jam 4 siang sampai 9 malam meskipun shopping mall biasanya buka sepanjang hari dari jam 10 pagi sampai 10 malam. Beberapa toko tidak buka sama sekali pada hari Jumat sedang yang lain buka beberapa jam di pagi hari dan buka lagi di sore hari, meskipun mall hanya buka sekitar jam 4 sore.

Advertisements

3 thoughts on “Qatar at a glance”

Comments are closed.