Tatweer Compound

[Update: I heard that this compound is no longer used as a temporary accommodation for Qatargas.]

Kompleks ini adalah temporary accommodation yang disediakan oleh Qatargas dan Rasgas untuk pegawai barunya. Biasanya menjadi tempat transit dari hotel ke permanent accommodation. Semua tipe kamar adalah one-bedroom, dengan luas total kamar sekitar  100m2.

Facilities and Service:

1         1 kamar tidur ukuran 4.5×4.5 m2 dengan 2 side table, 1 lemari baju dan 1 meja rias

2         1 kamar mandi  dalam dengan shower

3         1 ruang tengah yang menyatu terdiri atas foyer, ruang makan, dan ruang tamu/TV

4         1 kamar mandi luar (tanpa shower facilities), dekat foyer

5         1 dapur

6         Furniture: sofa 2 seater, sofa 4 seater, meja tamu, sofa 1 seater, karpet, meja makan dengan 6 kursi, nakas, cermin, 2 lamp table berikut lampunya, alas setrika dan meja TV

7         Electrical appliances: TV dan decoder cable TV (dengan 1933 channel, tak semuanya ada), telephone (land line), 3 AC (ruang tengah, kamar tidur, dan dapur), refrigerator dua pintu, oven dan kompor listrik 4 titik, dish washer, washing machine, microwave, electric kettle, toaster

8         Utensils: knife set, sauce pan, frying pan, codet, sendok garpu pisau makan, cangkir, mug, piring besar, piring kecil, piring sup

9         Others: tempat sampah, sapu kecil, rak piring kecil

10     Services: sapu dan pel, bed turn down, towel changing (mungkin tiap 3-7 hari sekali), pest control

11     Welcome Food Pack: makanan dan minuman untuk memulai hidup baru; bisa untuk 3-7 hari. Terdiri atas: roti tawar, selai, susu kotak, jus, margarine, air mineral , susu cair, cereal, tisu gulung, hand wash, telur, teh, gula, kopi

Secara kompleks, menurut Security ada 48 kamar dengan 6 blok bangunan. Blokku terdiri atas 6 kamar di bawah dan di atas masing2 dengan koridor besar di tengah. Antar blok terdapat area berpaving stone yang cukup luas. Ada kolam renang berbentuk angka 8. Ada 2 Security post. Dan ada garasi tak beratap untuk puluhan mobil dengan rolling door yang bisa digerakkan oleh remote. Aku lihat baru satu orang yang bawa mobil. Maklum, semua rata-rata orang baru yang mungkin lulus driving test aja belum…he….he..

Locality, compound ini terletak di daerah Feerej Kulaib area (simpang jalan Al Marri/Al Fajr Street). Dekat dengan Doha English Speaking School, dekat TV Signal Roundabout di mana di situ ada Nissan Dealer, ada Al Jazeera TV. Agak jauh dikit kurang lebih 15 menit jalan kaki ada Al Ahli Hospital, Al Markhiya Complex, dan Town Center. Di Al Markhiya Complex dan Town Center bisa ditemukan McD, KFC dan Burger King. Mesjid ada banyak di sekeliling. Yang besar 10 menit jalan kaki (deket German Embassy), yang kecil 2-5 menit jalan kaki. New Taif Supermarket yang cukup lengkap (dari mulai food and beverages, electronic, stationeries, sandal, frozen food, buah-buahan) dan harga yang bersaing(harga cuman selisih 0.25-0.5 dengan Carrefour) gak sampai 5 menit jalan kaki. Gak jauh dari supermarket ada 3 restoran yang menjual masakan Arab dan India. Agak jauh dikit, ada University Book Shop yang jual alat tulis, di sekitarnya ada tempat potong rambut, bank, dan toko dan offices. Hanya dipisahkan oleh satu jalan dari compound ada halte bus Karwa ke arah Bus Terminal – Al Ghanim.

Mau yang agak jauh, ada Landmark Mall dengan Carrefour-nya yang – please jangan coba , cukup aku aja – bisa ditempuh dalam 45 menit jalan kaki – versi mantan pendaki gunung seperti aku. Dengan waktu yang kurang lebih sama, Corniche mungkin bisa dicapai – nah yang ini belum dicoba.

Penghuni, macam-macam kebangsaan. Entah kenapa, India masih mendominasi. Ada mungkin 5-10 orang dari Indonesia. Ada yang dari Srilanka, Egypt, Pakistan dan somewhere elses. Komunikasi dan sosialisasi agak jarang, kecuali selama nunggu bus atau selama di bus.

Yang disebut temporary accommodation bervariasi termnya. Ada yang sudah 3 bulan belum pindah ke permanent. Ada yang hampir dua bulan sudah dapat. Aku? Semoga tidak terlalu lama. Waktu ini ditulis aku baru 9 hari tinggal.

Tatweer Compound - As seen from Doha English Speaking School
Tatweer Compound - As seen from Doha English Speaking School

Tatweer Compound - Corridor to individual room
Tatweer Compound - Corridor to individual room

 

Tatweer Compound - Public area between blocks
Tatweer Compound - Public area between blocks
Tatweer Compound - Room as seen from entrance
Tatweer Compound - Room as seen from entrance
Tatweer Compound - Bedroom
Tatweer Compound - Bedroom
Tatweer Compound - Kitchen
Tatweer Compound - Kitchen
Tatweer Compound - Sang Penunggu Kamar
Tatweer Compound - Sang Penunggu Kamar
Advertisements