Are you Filipino? Are you Malaysian?

No. I am Indonesian.

…….dengan bangganya.

Entah sudah berapa banyak orang yang salah menerka dari mana aku berasal. Agak bisa dimaklumi  karena mungkin wajah kita emang agak-agak mirip mereka. Mungkin bisa dimaklumi juga karena ada 150,000 orang Filipino di Qatar (dari 1.5juta orang). Mungkin asumsi mereka karena yang dari Indonesia (ada sekitar 25-30ribu) kebanyakan adalah kawan-kawan kita pekerja rumah tangga dan semi-skilled labor, jadi kalo ada pekerja professional, mereka gak yakin ini dari Indonesia….kali? Aku belum pernah nanya ke mereka kenapa mereka menyangka aku bukan dari Indonesia.

Yang aku gak bisa maklumi kalo seandainya aku ditebak berasal dari Nepal, Bangla atau India…. tapi kan aku gak bau ‘bawang’ ?(oops sori….agak sara)

Aku terus terang senang kalo ketemu orang dan dia bisa menebak dengan tepat asal negara. Orang dari Malaysia, dan Pakistan paling banyak tepat tebakannya. Menurutku kalo gak tahu mendingan nanya dari mana daripada maen tebak-tebakan….he….he…lagian gak dapat hadiah juga.

Aku yakin banyak di antara rekan2 di sini yang ketika ada di mall atau di tempat umum didekati orang Kabayan lalu dengen pedenya kita diajak ngomong tagalog…what??

Eniwei, ini sekedar pemanis kisah merantau. Mafi mushkila. No problem.

