Mengenal Daerah Sekitar Doha

Doha berada di pantai timur semenanjung Qatar, kurang lebih di tengah-tengah semenanjung sepanjang 180 km ini. Doha menjadi pusat pemerintahan dan pusat hunian. Namun demikian terdapat daerah-daerah penting di sekitar Doha, yang banyak di antaranya di-drive oleh keberadaan industri. 

Utara Doha

Al Shamal Road (artinya adalah jalan utara) membujur keluar dari kota Doha dan mengarah sampai ke ujung utara semenanjung di Madinat Al Shamal (Al Ruwais). Sekitar 15 km keluar dari kota, jalan Al Shamal  ini melalui Umm Salal Mohammed, dengan benteng dan Barzan Towernya. 20km kemudian dan belok kanan akan membawa Anda ke kota pantai Al Khor. Jalan yang lebih mulus, dengan lalu lintas yang tidak macet, bermula dari Doha Gulf Club di utara West Bay Lagoon dan berada sejajar dengan Al Shamal Road. Jalan ini melalui Lusail Moto GP Circuit, desa sunyi Simaismah, dan lurus ke Al Khor. Jalan ini menjadi jalur utama para pekerja di Ras Laffan Industrial City (RLC).

Al Khor adalah kota pantai yang nyaman dengan Corniche, pelabuhan, dan menara pengamat di sepanjang pantai. Di Al Khor terdapat Al Khor Community, kota-dalam-kota yang menjadi tempat hunian bagi puluhan ribu karyawan dan keluarga Qatargas dan RasGas, dengan semua fasilitas mandiri layaknya sebuah kota. Menyusuri pantai lebih jauh lagi ke utara adalah RLC, yang menjadi jantung bagi investasi besar-besaran Qatar dalam mengekspolitasi cadangan gas alamnya yang besar. Seluas kurang lebih 100km persegi, RLC adalah rumah bagi Qatargas, RasGas, Oryx GTL, Dolphin, Laffan Refinery, Kahramaa, RL Terminal. RLC dikelola oleh Qatar Petroleum  dan hanya mereka yang memiliki pass yang bisa masuk.

Lanjut terus menyusuri sekitar pantai ke utara akan membawa Anda ke Al Jassasiyeh dengan banyak patung dan monument, dan juga ke banyak pantai berpasir seperti Fuwairit dan Al Ghariyah. Madinat Al Shamal adalah kota yang relative baru yang berperan sebagai pusat administrasi bagi kota-kota yang lebih kecil di bagian utara negeri ini.

Pantai barat laut memiliki banyak gedung tua termasuk yang berada di Al Jemail di mana Anda akan menemukan kota nelayan yang terlantar dan reruntuhan rumah dan mesjid kecil. Kota ini dibangun awal abad 19 dan ditinggalkan pada 1930 sebelum ditinggali lagi dari 1945 sampai tahun 70-an. Anda akan melihat betapa agama menjadi pusat kehidupan orang-orang Qatar dengan melihat reruntuhan masjid yang berada di pusat desa.

Agak ke barat daya dari Madinat Al Shamal terdapat Al Zubara, kota kecil yang nantinya menjadi titik penghubung antara Qatar dan Bahrain melalui jembatan (Friendship causeway) sepanjang 40 km (kabar terakhir menyebutkan bahwa pembangunan mulai tahun 2009 dan selesai 2012; jembatan ini akan memperpendek waktu tempuh dari 4 jam menjadi 30 menit saja).  Al Zubara popular dengan bentengnya. Kota ini sangat penting pada masanya di pertengahan abad 18 dengan menjadi pusat perdagangan dan pengembanganbiakan mutiara. Tidak heran, kota ini sempat menjadi sasaran invasi Bahrain karena pentingnya dan kemakmuran daerahnya.

Selatan Doha

Sepuluh kilometer dari Doha melalui jalan selatan melewati Doha Airport membawa Anda ke kota nelayan Al Wakrah. Masih terdapat banyak pekerjaan konstruksi di sekitar pelabuhan. Namun demikian, pantainya lumayan bagus meskipun tidak memiliki fasilitas. Ada taman di dekat parkir di pelabuhan, yang hijau dan nyaman. Wakrah memiliki banyak rumah dan masjid tradisional, beberapa sudah direnovasi tapi banyak juga yang rusak. Rencana besar pengembangan kota untuk Al Wakrah sedang dibuat saat ini.

Messaieed (atau Umm Said) berada 20 km dari Al Wakrah ke selatan. Seperti RLC di utara dan Dukhan di barat, kota ini sebagian besar adalah daera industry sehingga tidak banyak yang bisa dilakukan oleh visitor. Umumnya industri yang berada di Messaieed adalah industri turunan dari gas alam atau petrochemical seperti chemicals, pupuk, vinil, plastik, dan fuel additive. Q-Chem, QAFCO, QVC, QPPC, QATOFIN, QAFAC tercatat ada di sini. Tidak ketinggalan, Qatalum (Qatar Alumunium) plant – yang haus energi – sedang dibangun dan siap beroperasi 2010.

Garis pantai yang merentang ke selatan memiliki berkilometer pantai yang bagus. Di Sealine Beach Resort Anda dapat menyewa quadbike dan menjelajah bukit pasir (dune) persis di samping pantai. Dari sini, Anda dapat melakukan perjalanan menegangkan melalui padang pasir ke Inland Sea atau Khor Al Adaid, di mana Anda akan terpesona dengan bukit pasir dan aliran air yang tenang berkelok-kelok melewati padang pasir seperti sungai.

Barat Doha

Keluar Doha ke arah barat akan membawa Anda melewati Al Rayyan dan melalui beberapa tempat yang menarik. Sekitar 20km dari pusat Doha adalah museum pribadi Sheikh Faisal bin Qassim Al Thani. Peternakan oryx terletak di desa berikutnya Al Shahaniya, demikian juga dengan arena balap onta, yang menjadi kegiatan yang menarik di bulan-bulan musim dingin.

Ujung barat Qatar adalah Dukhan (85km dari Doha), yang menjadi rumah bagi industry minyak Qatar dengan Qatar Petroleum’s Dukhan City. Di Dukhan inilah minyak pertama kali ditemukan pada tahun 1930.

Di pantai barat terdapat pantai Zikreet yang sering menjadi tempat camping karena airnya yang jernih dan tenang. Lebih jauh lagi ke utara terdapat pantai Ras Abrouq dengan pasirnya yang halus. Sayangnya fasilitasnya agak terbatas. Anda juga bisa menemukan “film city” di dekat Zikreet. Film City adalah kompleks buatan yang menyerupai tatanan rumah dan kampung jaman dulu yang digunakan sebagai setting pembuatan film.

Ada beberapa pantai lain di pantai barat berbatasan dengan lapangan minyak Dukhan, seperti Pantai Palm Tree dekat Umm Bab. Ada juga pantai di daerah Salwa dekat perbatasan Saudi tapi dengan fasilitas yang terbatas.

(Sumber: Explorer’s Complete Residents’ Guide Qatar, Marhaba, internet)

Advertisements

One thought on “Mengenal Daerah Sekitar Doha”

  1. Assalamulaikum Mas Wahyu, salam 76 dulu…hehe sesama alumni Pasir Ridge toh.
    Saya tetap menyimak tulisannya anda ini. Oya, saya mau minta bantuan infonya nih, kalo untuk bawa keluarga di Doha namun perusahaan gak mengcover coverage untuk medical bagi keluarga, biaya berobat ke dokter, obat2, dan sekolah untuk 2 anak usia SD dan TK, kira-kira berapa costs yang harus dialokasikan untuk kedua hal tersebut. Karena saya dalam prospek ke sana, dengan tawaran daily rate yang cukup bagus, namun hanya mengcover saya saja tanpa keluarga. Akomodasi dan transportasi juga diberikan dalam bentuk lumpsum monthly. Mungkin bisa japri aja via email penjelasannya. Saya tunggu…

Comments are closed.