A long waited key…

Kamis, 8 Januari lalu, “kunci” yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Bukan kunci rumah atau mobil. Tapi RP, Residence Permit. Mengapa saya sebut kunci? Karena dengan RP kita bisa membuka pintu untuk melakukan banyak hal yang tadinya tidak bisa kita lakukan tanpa RP: apply family visa, apply credit card, apply loan, apply permanent RLC dan plant pass, beli mobil, apply Qtel services, apply driving license, dan banyak lagi services dan privilege yang hanya bisa didapatkan kalau kita sudah mendapatkan RP.

RP punyaku selesai setelah 40 hari calendar days atau 21 hari kerja (hari kalendar dipotong weekend, libur Eid Adha, libur National Day, Christmas, dan New Year). Medical Test tanggal 1 December 2008 aku baru fingerprint tanggal 22 December 2008. Jangan kaget kalau antar applicant bisa mendapatkan waktu penyelesaian yang beda. Orang Pakistan berpassport Australia yang medical test bareng aku, mendapatkan schedule fingerprint 1 minggu sebelum aku. Orang Pakistan berpassport Pakistan yang barengan fingerprint selesai 3 hari sebelum aku meskipun dia medical testnya dia duluan (tapi diulang karena berkasnya hilang!). Entahlah….aku yang kurang beruntung atau karena embel-embel yang melekat di diriku….I aint gonna guess..it had happened

Tidak ada standard waktu antar tahapan RP atau selesainya RP. Dan aku kurang tahu apakah ada “sedikit” prioritas untuk passport negara tertentu atau company tertentu – meskipun aku yakin “credibility negara dan bonafitas perusahaan sedikit banyak menentukan” – , tapi yang pasti mereka yang apply di tengah jadual libur (i.e. summer, school break, Eid Fitr atau Adha) dipastikan akan mengalami delay dalam mendapatkan RP-nya. Kata seorang teman, ada orang Indonesia yang datang ketika bulan Ramadhan baru mendapatkan RP-nya setelah 3 bulan! akibat libur, dan pendeknya waktu kerja di Ramadhan.

Jika Anda bermaksud memulai kerja di sini, ada baiknya starting datenya diatur sehingga tidak berbarengan dengan jadual libur di sini. Dan,….turunkan ekspektasi Anda dalam hal waktu selesai dan turunkan sensitifitas Anda in case Anda mendapati seseorang lebih cepat dari Anda padahal applynya barengan. Just enjoy it…

Sekarang aku tinggal nunggu Family Visa yang katanya akan selesai dalam 2 minggu…let’s see how it’ll happen…will let you know…wish me luck

