Practice Class of Driving Course

Mulai 21 January selama 6 hari aku menjalani kelas praktek driving course. Kelasnya sendiri dimulai jam 7.40 tapi aku sudah datang dari jam 5.30 mengingat aku menggunakan bus karyawan Qatargas dari Ras Laffan dengan tujuan Les Roses dan Beverly Hills Garden 6, dan tujuan akhir Karwa tentunya. Jadi sekali jalan gak perlu ke rumah lagi. Hemat waktu dan ongkos.  Selama dua jam menunggu, biasanya aku habiskan dengan sholat maghrib dan isya, makan malam di kantin Karwa, dan menunggu di ruang tunggu lantai 2 Karwa training and development division.

Aku mendapatkan Driving Instructor orang India bernama Mujeeb. Mujeeb orang yang sabar, tidak pernah marah, ngasih tahu tips untuk driving test, dan selalu bilang selalu ada alasan di balik tindakan yang kita lakukan selama mengemudi. Kita juga di-encourage untuk bertanya. Beruntunglah aku mendapatkan dia, mengingat aku dengar dari rekan-rekan ada yang mendapatkan instruktur yang sering marah-marah dan tidak sabaran.

Hari Pertama

Hari pertama, Mujeeb mengajakku ke industrial area melewati highway dan akhirnya masuk ke minor road. Hari ini dia mengajarkan tata cara memulai driving, cara masuk jalan dari posisi parkir di pinggir jalan, cara parking, cara berbelok di junction, pindah gigi, cara berbelok di roundabout, dan cara overtaking.

Berikut teknik yang diajarkan Mujeeb kepadaku (Rekan-rekan yang lain apakah sama?)

Cara memulai driving:

          Atur posisi tempat duduk

          Pasang seat belt

          Atur mirror kanan dan kiri

          Atur mirror belakang

          Matikan lampu hazard

          Masukkan ke gigi 1

          Lepaskan rem tangan (tanpa bersuara)

 

Pindah Gigi

o   Gigi 2 setelah mencapai 20km/jam

o   Gigi 3 setelah mencapai 40km/jam

o   Gigi 4 setelah mencapai 50km/jam

Cara masuk jalan dari posisi parkir di pinggir jalan:

          Selesaikan tahapan cara memulai driving di atas

          Lihat mirror kiri

          (Kalau aman) Pasang sein kiri

          Masuk jalan

          Setelah bergerak sedikit, lakukan shoulder check (tengokkan kepala ke kiri belakang)

          Setelah masuk lajur 1, matikan sein

Cara Parking di tepi jalan dari posisi berjalan

          Lihat mirror belakang

          Pasang sein kanan

          Belokkan kea rah bahu jalan

          Perlambat laju kendaraan

          Arahkan sehingga roda kanan berada tepat di tepi aspal, atau jika tidak ada, kira-kira tiga meter. Alasannya kata Mujeeb agar ketika pintu dibuka kita masih berada di luar jalan dan tidak melanggar garis no parking (continuous line)

          Rem dengan halus sampai berhenti lalu lakukan langkah2 kebalikan dari moving. Pasang rem tangan, netralkan gigi, pasang lampu hazard.

Cara berbelok di junction

          Lihat mirror

          Kasih sein kiri kira-kira seratus meter dari belokan

          Arahkan kendaraan sehingga mepet ke garis tengah tapi tidak melanggarnya

          Kurangi kecepatan, bawa ke gigi 2

          Jika Anda berada di priority road, Anda bisa langsung belok kiri setelah memastikan lalu lintas aman terutama dari arah berlawanan ada kendaraan yang lurus (dia lebih prioritas). Semua kendaraan dari non-priority road akan berhenti. Jika Anda berada di non-priority road (ditandai dengan tanda Give Way), anda harus memberi prioritas ke pada priority road.

          Jalan ke tengah lalu putar setir agak penuh sehingga kendaraan terbawa ke tengah-tengah lajur

 

Cara bernavigasi di roundabout

          Belok kanan (Exit 1)

o   Seratus meter (lihat marker), kasih sein kanan

o   Arahkan ke lajur kanan (lajur 1)

o   Turunkan kendaraan bertahap ke gigi 2 (gigi 1 hanya digunakan ketika berhenti menunggu kendaraan di roundabout)

o   Jika sudah memungkinkan, belok kanan

o   Matikan sein

          Lurus (Exit 2)

o   Arahkan kendaraan ke lajur kanan (lajur 1)

o   Turunkan kendaraan bertahap ke gigi 2 (gigi 1 hanya digunakan ketika berhenti menunggu kendaraan di roundabout)

o   Jika sudah memungkinkan, jalankan mobil tetap di lajur kanan

o   Setelah berada di seperempat roundabout atau mendekati island lalu lintas dari kanan, pasang sein kanan

o   Lihat mirror kanan

o   Masuk ke lajur kanan

o   Matikan sein

          Belok Kiri (Exit 3)

o   Arahkan kendaraan ke lajur kiri (lihat cara berganti lajur)

o   Seratus meter, pasang sein kiri

o   Turunkan kendaraan bertahap ke gigi 2 (gigi 1 hanya digunakan ketika berhenti menunggu kendaraan di roundabout)

o   Jika sudah memungkinkan, masuk ke roundabout, tetapi di lajur kiri

o   Setelah berada di setengah roundabout atau mendekati island lalu lintas dari seberang kita masuk, pasang sein kanan

o   Lihat mirror kanan

o   Masuk ke lajur kanan

o   Matikan sein

          U-Turn/Putar Balik (Exit 4)

o   Arahkan kendaraan ke lajur kiri (lihat cara berganti lajur)

o   Seratus meter, pasang sein kiri

o   Turunkan kendaraan bertahap ke gigi 2 (gigi 1 hanya digunakan ketika berhenti menunggu kendaraan di roundabout)

o   Jika sudah memungkinkan, masuk ke roundabout, tetapi di lajur kiri

o   Setelah berada di tiga perempat roundabout atau mendekati island lalu lintas dari seberang kita masuk, pasang sein kanan

o   Lihat mirror kanan (dengan kepala menengok, jangan mata doang)

o   Masuk ke lajur kanan

o   Matikan sein

Cara berganti lajur

          Lihat mirror belakang

          Kalau aman, pasang sein

          Cukup 2-4 flashes, segera ganti lajur

          Matikan sein

 

Cara Overtaking

          Lihat mirror belakang

          Kalau aman, pasang sein kiri

          Cukup 2-4 flashes, segera ganti lajur

          Matikan sein

          Lihat mirror belakang

          Kalau aman (jarak cukup, pasang sein kanan)

          Cukup 2-4 flashes, segera ganti lajur

          Matikan sein

 

Hari Kedua

 

Mujeeb masih memintaku untuk mempraktikkan yang sudah diajarkan di hari pertama. Atas permintaanku, aku mengulangi lagi teknik yang aku rasa masih kurang dan untungnya Mujeeb setuju. Aku agak gagap di junction. Bukan apa-apa, selain jalan yang mbulet, jalannya juga gelap jadi agak kurang ngeh/disorientasi apa ini minor atau priority road, dan mana batas jalannya.

 

Aku sempet nanya ke Mujeeb mengenai aturan pindah gigi. Dengan memakai gigi 4 di speed 50 ada kemungkinan kita speeding (speed limit Industrial Area: 50km/jam). Menurut dia jangan kuatir, karena testnya kamu tidak akan drive lebih dari 200m, karena udah keburu disuruh belok, masuk roundabout, atau parkir. Tapi tetap harus sering lihat speedometer. Menurut dia lagi, polisi yang ngetest ada dua, yang tua gemuk concern dengan speed limit sementara yang kurus tidak. Kalo buat aku sih kok lebih aman jalan di sekitaran 40-45 di gigi tiga ya….

 

Hari ketiga akan dilakukan hari Sabtu karena hari Jumat libur, dan pure untuk pocket parking. Hari selanjutnya, setengah-setengah untuk pocket parking dan road practice.

 

(bersambung)

Advertisements