QPT

Ada yang tahu artinya apa?

Singkatan ini aku dapat dari seorang Indonesia yang bekerja di Karwa ketika bertemu dengannya di musholla Karwa.

“Saya bekerja di dua perusahaan Mas. Siang hari di Karwa kalau malam di QPT”, ujarnya.

“QPT?”, tanyaku heran karena belum pernah dengar singkatan ini dan karena dia bisa kerja di dua perusahaan.

“Qatar Private Taxi”…gubrakkk…..dan tawa kami meledak pelan.

Maksudnya adalah dia bisa mengantarkan kita ke mana aja di Doha menggunakan kendaraan pribadinya selayaknya Taxi Karwa. Lumayan untuk menambah penghasilan. Maka, meluncurlah kami malam itu ke Tatweer Complex menggunakan QPT-nya (sebuah Suzuki Alto yang dia beli lebih dari setahun lalu dengan 15,000QR). Cukup 30QR untuk jarak sejauh Karwa – Tatweer Complex di dekat TV roundabout.

QPT adalah fenomena menarik di Qatar. Fenomena ini muncul akibat terbatasnya angkutan umum dan susahnya mendapatkan taxi. Di manapun Anda menunggu taxi dipastikan QPT akan mendatangi Anda, tidak di taxi stand di mal-mal, di pinggir jalan, atau di lain tempat, menawarkan jasa taxinya.

QPT menawarkan solusi cepat di tengah lamanya waktu tunggu taxi resmi. Dalam catatanku aku pernah menggunakan QPT dari City Center, Villagio, Karwa, Al Sadd Street, Al Corniche. Semuanya berlangsung aman dengan tarif yang wajar. Jika Anda tergesa-gesa, mereka patut dipertimbangkan. Hanya saja pastikan Anda tidak di-rip-off (biarpun sangat  jarang terjadi). Lebih baik kalo Anda pernah mencoba  taxi resmi sehingga tahu tarif kira-kiranya. Cobalah menawar dengan sopan. No harm. Sebutkan angka dari taxi resmi. Mereka biasanya akan mengurangi angka tawarannya. Kalopun mereka tidak mau turun, angkanya sekitar 5 riyal lebih tinggi dari taxi resmi.

Banyak rekan-rekan yang pada akhirnya berlangganan QPT ini untuk pergerakannya selama belum memiliki mobil. Cepatnya pelayanan, keamanan, dan tarif yang wajar menjadi  alasannya. Oh ya satu lagi, QPT ini tidak mengenal nationality, orang Indonesia, India, bahkan Qatari mendayagunakan mobilnya untuk QPT. Selama sistem transportasi massal belum berjalan baik di Qatar aku yakin ini masih akan berlangsung terus. Demand supply law…

Advertisements