Practice Class of Driving Course – Part 2

Hari Ketiga

 Hari ketiga, Mujeeb mengajari cara pocket parking (untuk keperluan test, karena in real world sedikit kemungkinan ini bisa digunakan). Teorinya sebenarnya simple: full right dan full left. Maksudnya?

 Terlebih dulu, lewati area pocket parking. Posisikan mobil sejajar dengan jarak kira kira satu kaki. Kemudian mundur perlahan-lahan dengan menjaga steer tetap lurus, lihat melalui bahu kanan, arahkan pandangan ke pintu kanan belakang di bagian paling luar dari kaca bawah. Terus mundur sampai tabung di sudut luar box parking terlihat sedikit menonjol dari karet pembatas paling belakang dari kaca pintu kanan belakang. Stop. Putar full right steer – sampai mentok. Mundur perlahan, arahkan pandangan ke mirror kiri (kalau bisa disetel agak ke bawah sehingga bisa lihat roda kiri belakang). Mundur sampai roda tepat mau melintasi garis kuning box parking. Berhenti. Putar full left – sampai mentok. Sekarang pejamkan mata kiri. Sandarkan kepala pada head rest pas di tengah. Arahkan mata pada penyemprot air wiper di atas kap yang sebelah kiri Anda. Mundur perlahan-lahan sampai Anda melihat penyemprot ini berada di tengah-tengah tabung yang ada di sudut luar box parking. Stop. NETRALKAN GIGI. Putar full right. Pindahkan ke gigi 1, maju pelan-pelan secukupnya. Luruskan setir. NETRALKAN GIGI. SELESAI.

Area Training Pocket Parking - Karwa
Area Training Pocket Parking - Karwa

Sekarang keluar. Putar full right. Ganti gigi mundur. Pejam mata kiri, kepala di tengah head rest, pandangan ke penyemprot. Mundur sampai Anda melihat penyemprot berada di tengah tabung. Stop. Netralkan gigi. Putar full left. Maju seperlunya. (PADA KONDISI INI SEBENARNYA ANDA BISA LANGSUNG KELUAR IN ONE ATTEMPT, KALAU YAKIN). Netralkan gigi. Putar full right. Mundur secukupnya. Putar full left. Maju sampai tabung berada di tengah-tengah pintu depan, baru putar steer ke kanan. SELESAI.

Kesalahan yang sering terjadi:

·         Terlalu dekat dari garis sehingga mobil masuk terlalu dalam. Susah keluarnya.

·         Terlalu jauh dari garis sehingga mobil tidak sampai masuk kotak.

·         Mobil tidak benar-benar sejajar sehingga mobil tidak sampai masuk kotak.

·         Roda kiri belakang melampaui garis sehingga nanti ada kemungkinan mobil menabrak tabung di belakang mobil

·         Lupa mengganti gigi sehingga berlawanan arah dengan yang diinginkan. Kemungkinan menabrak tabung.

·         Tidak full dalam memutar steer sehingga tidak mendapatkan posisi yang diinginkan.

·         Mati mesin

Hari Keempat

Mujeeb mengajak latihan pocket parking 4 kali di box parking yang nantinya dipakai test. Setelah itu setengah jam berikutnya Mujeeb mengajak road practice seperti hari kedua.

Hari Kelima dan Keenam

Isinya me-masterkan pocket parking dan road practice. Seperti biasa, Mujeeb menyuruh 3-4 kali pocket parking, baru ke jalan raya untuk road practice.

Aku juga dah dapat info dari registration kalau Police Testnya hari Kamis, 29 January 2009 jam 5.00 AM. Wish me luck ya…

Advertisements

2 thoughts on “Practice Class of Driving Course – Part 2”

  1. mas, waktu mengikuti driving course masternya ada minta duit gitu ga? krn pengalaman saya dan teman2 ngikuti driving course di umm said semua masternya pada minta duit, alasannya you help me, i help you. kl ga diksh duit, mereka ogah ogahan ngajarnya. bahkan ada teman yg dah 20 jam kelas blm diajarkan pocket sama sekali gara gara ga ngasih duit ke master.

    1. Instruktur saya Alhamdulillah tidak pernah meminta duit sama sekali. Dan dia juga ngajarin sesuai jadual berikut tips dan trik untuk test. Tapi tanpa diminta saya kasih dia Hala card sekedarnya untuk calling saya kalo dia bisa ngajar lebih awal (dan memang kebanyakan lebih awal setengah jam-an). Selesai ujian dia juga saya kasih tips sekedarnya sebagai tanda terima kasih.

Comments are closed.