drag race, wedang jahe dan panning

Kamis malam, 5 Feb 2009, aku sempet nonton Qatar Race Club (QRC) Series Drag Racing Event di QRC drag racing track, Industrial Area, Street 52. Sebanyak 9 event yang digelar Pro Mod, Pro Bike, Super Street Bike, Street Bike, Outlaw 10.5, Top Sportsman, Super Street 8c, Super Street 6c dan 750 Index di ajang selama dua hari ini.Team dari Qatar, Bahrain, UAE, Saudi Arabia dan Kuwait ikut serta dalam event yang juga ronde keempat Arabian Drag Racing League.

Gulf Times)
Drag Race Track Qatar (Sumber: Gulf Times)

 

Nonton sesi kedua yang mulai jam 7 malam, kami (aku dan 6 orang temen) datang jam 8 kurang. Tribun satu penuh tapi ketiga tribun yang lain lengang. Jujur baru kali ini aku liat drag race, jadi ekspektasinya agak tinggi. Sayangnya ekspektasinya tidak terpenuhi. Pertama, letak tribun yang agak jauh dari lintasan membuat susah menikmati mobil, pun kamera teleku gak bisa ngejar…ujung-ujungnya gambarnya kurang tajam..Kedua, desain mobil yang atraktif hanya sedikit. Ketiga, aku masih gagal dalam praktik “panning”*.

Race malam itu membukukan kecepatan tertinggi sebesar 372 km/jam. Waw. No wonder kalo pake kamera biasa dan teknik potret biasa gak ketangkep tuh gambar mobil dengan jelas.

Salah satu mobil peserta drag race (Photo courtesy Oom Opick)
Salah satu mobil peserta drag race (Photo courtesy Oom Opick)

Meski jauh di bawah bayanganku akan drag race yang kayak di tipi-tipi itu tuh….anyway, experience yang lumayan untuk sekedar tahu drag race. Hmmm apalagi di tengah malam yang menembus 13 derajat Celcius, ada wedang jahe panas, kopi panas, kacang dan donat Krispy Kremes….dan satu lagi……pertemanan (Thanks Oom Edy buat Santa Fe & syal penahan dingin, Oom Arie untuk donatnya, Om Roso untuk wedang jahenya, dan Oom Taufik untuk pelajaran teknik “panning”nya).

*Panning adalah teknik fotografi yang digunakan untuk mengambil gambar  obyek bergerak. Teknik ini dicapai dengan menjaga subyek berada dalam posisi yang sama dalam frame selama durasi eksposur. Lamanya eksposur harus cukup panjang sehingga background menjadi blur karena pergerakan kamera ketika mengikuti subyek. Lamanya eksposur yang diperlukan tergantung kepada speed dari obyek yang sedang bergerak, focal length lensa yang digunakan dan jarak antara subyek dan background. Mobil F1 yang sedang ngebut di jalur lurus masih memungkinkan Anda untuk mendapatkan background blur pada 1/250 detik, akan tetapi Anda mungkin harus menggunakan 1/60 untuk mendapatkan blur yang sama untuk obyek orang yang sedang lari. (kata Oom Wiki)

Advertisements