Kabut

10 Feb 2009 kemarin, Doha berselimut kabut tebal. Dan seperti biasa kabut membawa konsekuensi pada lebih lamanya perjalanan dari biasanya. Kalau pada hari yang cerah bus sampai di headquarter sekitar jam 07.38, karena kabut, bus baru nyampe jam 08.17. Eh tapi pulangnya tetap aja jam 3.30 PM. Kabut menghalangi pandangan pagi itu sampai jarak hanya ratusan meter.

Aku sempet mengambil gambar hari berkabut dan hari tanpa kabut dari tempat yang sama (General Post Office,arah ke City Center) dan waktu yang tepat sama (06.18 AM). Berikut perbandingan gambarnya:

Kabut di area city center (dari arah General Post Office)
Kabut di area city center (dari arah General Post Office)

Dari sumber yang tidak diketahui yang beredar di internet – thanks to the photographer – (kata temenku diambil dari kantor RasGas (?) ), sangat indah melihat gedung-gedung di area city center diselimuti kabut hampir setengah gedung atau bahkan sampai puncaknya. Negeri di awan ceritanya…..

Unknown - thanks to the photographer)
Doha city center area engulfed by thick fog (Source: Unknown - thanks to the photographer)

Kabut menurut Oom Wiki terbentuk kalau perbedaan antara temperatur dan dew point 2.8 C atau kurang, dan biasanya terbentuk pada relative humidity mendekati 100%, meskipun bisa juga terbentuk pada RH kurang dari 100% atau bahkan tidak terbentuk pada RH 100%.
Tahukah Anda di mana daratan paling berkabut? Point Reyes, California, dan Argentina, Newfoundland and Labrador, dengan lebih dari 200 hari berkabut setahunnya. Coba ada 200 hari berkabut di Qatar….bisa telat terus nih….

Advertisements