Family Residence Permit

Pengurusan family residence permit jauh lebih cepat dibanding RP untukku. Dua hari setelah keluargaku datang, aku bawa mereka ke Medical Commission untuk melakukan medical test. Anakku yang berusia di bawah 12 tahun tidak perlu medical test.

[Medical commission ada di Muntazah Street. Tepatnya sebelum dua buah pom bensin Woqod yg berseberangan. Kalo kita datang dari Doha ke arah Industrial Area, Medical Commission berada sebelum dua petrol station Woqod, di sebelah kiri jalan. Putar balik di roundabout setelah petrol station Woqod. Plang besar national health authority – medical commission pasti tidak akan memalingkan Anda. Untuk family langsung belok kanan dari gate – kalo untuk pria tinggal lurus lalu belok kanan]

Datang jam 9-an hari Senin, kami menyelesaikan medical test procedure selama kurang lebih 2jam. Itu mencakup pengurusan pengetikan form dalam bahasa Inggris, waktu tunggu untuk pembayaran, waktu tunggu medical test, dan proses blood drawing dan X-ray itu sendiri.

 Tiga hari kemudian, berkas medical test aku bawa ke Immigration di Qatargas untuk dilengkapi dengan formulir – dalam bahasa Arab – sebagai syarat ke CID untuk fingerprint. Hari Minggu, jam 7.40 kami sudah berada di Crimical Evidence and Investigation Department (CID) yang berlokasi di Sports Cty Road antara Beverly Hills garden dan Aziziya R/A. Hanya 5 menit proses finger print dilakukan. Untuk keluarga, ada section tersendiri di Ruangan No.4 sebelah kanan pintu masuk. Untuk company dan personal sponsorship ada di sebelah kiri (Ruangan 11 dan 12).

Selesai itu berkas aku kembalikan ke Bagian Immigration Qatargas untuk pengambilan IDCard termasuk pembayaran biaya RP.

Jadi praktis dalam 7-10 hari RP untuk family sudah bisa didapatkan.

Coordinates:

– Medical Commission: 250 13’ 54” N 510 31’ 3” E

– CID: 250 14’ 59” N 510 27’ 48” E

Syarat-syarat Family Residence Permit: copy passport, copy visa, dan pas photo

 Lesson learned and Best Practice:

          Datang pagi-pagi jam 7 agar mendapatkan pelayanan cepat

          Jangan lupa siapkan uang tunai QR100 per orang untuk biaya medical test dan pecahan QR10-an untuk ongkos pengetikan

          Ada tempat tunggu di sebelah kiri pintu masuk layanan medical test untuk family dan wanita. Daripada menunggu dalam angin/panas di luar. Ada 2 vending machine tersedia yang bisa digunakan dengan menggunakan pecahan 1 rial

–    Gak perlu puasa

 

Advertisements