Shipment of Household Effects

Urusan packing dan shipment memang menjadi salah satu bagian rumit dari proses pindah rumah. Untunglah, kami terbiasa pindah rumah sehingga terlatih bertindak cepat dan efisien dalam memindahkan isi rumah ke tempat lain.

“Berapa kali kamu sudah pindah rumah Wahyu?”

Kira-kira sebulan sebelum pindahan saya dan isteri sudah mendaftar barang-barang menjadi barang yang ditinggal bersama dengan rumah yang dijual, barang yang dijual, barang yang mau diberi ke orang lain, barang yang mau dibawa, dan barang yang mau dibeli untuk dibawa.

Tiga minggu sebelum departure date ke Qatar, aku kontak Crown Relocation mengenai service air freight household effects dari Balikpapan ke Doha. [Perusahaan sejenis lainnya misalnya Tiger Movers, Santa Fe atau perusahaan cargo]. Crown aku pilih karena ia punya kantor perwakilan di Doha dan sering dipakai rekan ekspat selain Tiger yang balik ke negaranya). Dari email ke mereka, aku bisa tahu rate, terms and conditions, serta service yang diberikan. Seems like the cost within limit given by the company. Mereka kasih initial quotation lalu aku kasih order confirmation letter.

Ratenya sebagai berikut:

– Door-to-door charge  USD8.5/kg

– VAT USD0.1/kg

Total yang aku bayar ternyata adalah USD5,869.66 yang mencakup origin service USD630 (+VAT 10%), door-to-door service USD4,725 dan air transit insurance USD410.6 (+VAT10%) untuk 545kg nett weight barang atau 622 kg volumetric weight barang.

Semua airlines mendasarkan freight charges mereka berdasarkan volumetric gross weight. Volumetric weight (in kg) = volume (in cubic meters) x 167. Mereka mengukur gross weight, menghitung volumetric weight dari volume dan mencharge whichever is the greater amount. Berat yang diukur di rumah adalah nett weight. Gross weight mencakup pallete dan protective packing.

Pembayaran (jika insurance diambil) di atas mencakup storage di storage facility mereka selama 60 hari di origin dan 60 hari di destination. Di luar itu bisa diperpanjang dengan rate yang cukup ringan (0.3%) per month. Selain itu mereka menawarkan insurance tersendiri jika kita mengangkut barang dengan nilai tinggi per itemnya i.e. jewellery, antiques, paintings. Aku memilih lump sum insurance dengan rate di atas. Mereka juga menawarkan protection khusus seperti misalnya anti-mold untuk barang yang mudah jamuran.

Berikut service yang mereka berikan di origin, port dan destination:

At Origin Country:

·         Supply of all necessary high-quality packing and wrapping material

·         Packing and wrapping of all items by experienced packing crew

·         Preparation of numbered inventory list and description for customs clearance

·         Crown color locator system will be applied to all packages packed

·         Professional stacking into steamship container(s)/wooden liftvan containers or air tri-wall cartons

·         Sealing of wooden liftvans in your presence

·         Loading at container at storage facility

Transportation:

·         All truckage/container haulage required in Indonesia

·         Payment of freight cost to destination

·         Freight to destination, inclusive of terminal handling charges and all normal related port or airport charges

At Destination Country (for door-to-door shipments only)

·         Coordination of normal customs clearance

·         Pick up of shipment at port of destination

·         Single, direct delivery to residence with normal access

·         Normal unpacking and setting up

·         Removal of packing debris at time of delivery

·         Assistance in insurance claim process if necessary

Common Exclusion

·         Import customs duties/taxes/fines

·         Any potential custom inspection and examination and/or quarantine related charges

·         Port demurrage or extra storage/warehouse handling at destination

·         Stair carry or walk-up above second floor (without elevator) at destination, external hoisting/crane services

·         Disconnection/connection of computers, audio-visual equipment, and appliances

·         Additional collection or split delivery at destination; disposal of furniture

·         Delivery can only be completed during normal business hours relevan to the destination country, unless other arrangement made

·         Any freight rate increases or war risk surcharge imposed on freight will be billed at cost

·         Parking permit/fee at destination

Sumber: Crown Relocation.

Packing di Balikpapan pada tanggal 26 February 2009, aku mendapat konfirmasi barang diterbangkan dari Jakarta memakai Qatar Airways pada 11 Maret dan tiba di Doha 12 Maret. Tanggal 17 Maret 2009, barang sampai dengan selamat tanpa ada sedikitpun yang rusak atau ditahan oleh customs. Tiga orang kru Filipino yang mengantar membawa masuk semua barang sesuai designation yang kita inginkan, menawarkan membuka semua bungkus, mengeluarkannya, atau cukup diletakkannya. Mereka juga akan membawa pergi semua wrapping materials yang terpakai. Terlihat professional dalam unpacking mereka bekerja cepat dan ringkas. tidak sampai 2 jam semua proses unloading dan unpacking 21 koli sudah selesai. Itu sudah termasuk pemasangan kembali sebuah lemari baru (yang seharusnya tidak masuk service tapi mereka tawarkan).

All in all aku menilai servicenya bagus dan professional, deliverynya (3 minggu) acceptable, ratenya sepadan dan make sense, dan pekerja dan relocation consultantnya helpful.

Thanks Crown!

 

 

 

 

Advertisements

9 thoughts on “Shipment of Household Effects”

  1. Salam tepang..

    Upami lain waktos tiasa tepang..
    abdi linggih di pengker Food Palace..

    Baktos,

    Sani

    3010324

    1. Wah deket ama Al Sadd Residence dong….sayangnya kami harus pindah akhir Maret ini. Salam tepang

  2. Salam kenal Pak Wahyu. Terima kasih sudah memposting pengalaman anda, mulai dari pindah, adaptasi dan bahkan mulai betah di Qatar.
    Tulisan2 bapak sangat mengurangi rasa “grogi” saya untuk pindah ke negara middle east.
    Kalau bapak tidak keberatan,saya ingin minta email address Pak Wahyu krn ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan..
    Terima kasih sebelumnya..

    1. Ibu Icha, saya sudah kirim pesan pribadi ke email Ibu tapi mental dengan alasan email tidak eksis. Please advise email ibu yang masih valid. Salam.

  3. Halo Mas Wahyu,

    Salam kenal Mas..

    Mau tanya nih, menyangkut soal pengiriman barang yg di tulis Mas Wahyu di atas, klo saya berencana mengirimkan barang (household effect)ke Qatar via Laut (Door to Door), apakah betul document yg diperlukan adalah Entry Visa dan Work Permit dari Company di Qatar? Sementara saya baru memiliki Entry Visa saja, Work permit tentunya baru bisa didapatkan setelah kita sampai di Qatar dan diurus oleh Company kita disana.

    Mohon infonya, Mas Wahyu..

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. Oh iya, kalau tidak keberatan, boleh saya tau alamat e-mailnya? mungkin ada beberapa hal yg juga ingin saya tanyakan, krn saya dan keluarga berencana “hijrah” ke Qatar bulan December nanti.

    Salam,
    Nandi

  4. Thanks buat replynya, Mas. Tapi e-mailnya kok saya gak terima ya..? bisa dikirimkan lagi, Mas? Mungkin yahoo-nya lagi error..

    e-mail saya: tfirnandi@yahoo.com

    Atau jika tidak keberatan, mungkin bisa dijawab langsung pertanyaan saya mengenai shipment of household effect?

    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf jika merepotkan.. 🙂

    Salam,
    Nandi

    1. Pak Nandi,
      Sebagian besar orang mengirimkan barang-barangnya setelah probation untuk meminimalkan risk seandainya selama probation employment tidak dilanjutkan. Saya yakin Bapak punya alasan kuat mengapa shipment dilakukan di awal.
      Umumnya forwarder perlu alamat fisik di tempat tujuan, ID and Non-Objection Certificate dari company (bukti employment). Jika yang terakhir tidak ada Bapak bisa melampirkan kontrak kerja atau entry visa.
      Saya dulu forward setelah probation tapi karena tidak tahu requirement dari forwarder saya tidak mempersiapkan NOC. Saya lalu menyerahkan offering letter yang ditandatangani dua belah pihak dan itu acceptable dari pihak forwarder. Mudah-mudahan membantu ya Pak.

Comments are closed.