The Pearl: Island Rediscovered

The Pearl-Qatar  adalah pulau buatan yang terbentang seluas 4 juta meter persegi. Jika sudah selesai, inilah tanah pertama di Qatar yang bisa dibeli oleh warga asing (freehold ownership). Lokasinya, 350 meter offshore sebelah timur West Bay Lagoon area, Doha. Project multi billion USD yang dikembangkan oleh United Development Company (UDC) dan master plan dirancang oleh Callison ini nantinya akan memiliki 40 kilometer garis pantai hasil reklamasi, yang akan digunakan sebagai perumahan untuk sekitar 15000 penghuni.

 

The Pearl in the Making (from above: Mar 09 - Jan 08 - Jan 07 - Jan 06 - Jan 05)
The Pearl in the Making (from above: Mar 09 - Jan 08 - Jan 07 - Jan 06 - Jan 05)

 

Waktu saya dan keluarga mengunjungi 11 April 2009 lalu, kami sudah bisa mengakses fase pertama dari The Pearl, yakni Porto Arabia, yang merupakan teluk pertama (dari tiga teluk yang akan dibangun) di The Pearl.

 

Porto Arabia
Porto Arabia

 

 

 

The Pearl Porto Arabia
The Pearl Porto Arabia

Direncanakan ada 4 fase pengembangan selama 5 tahun sampai 2011, yang mencakup pembangunan 10 distrik dengan tema berbeda-beda, vila tepi pantai, rumah, apartemen mewah, penthouse eksklusif, hotel bintang 5(dengan total kamar 800), marina, sekolah, dan restoran serta retail.

Direncanakan ada lebih dari 2 juta meter persegi area untuk shopping, leisure dan restorant (hampir 20 kali luas lantai villagio euy!). Kalo mo belanja di sini pastikan Anda punya saku yang dalam karena yang dijual adalah produk high end, eksklusif dan mewah. Tapi sebagai tempat nongkrong The Pearl akan jadi pilihan yang mengasyikkan. Ada banyak café (coffee counter) yang berjejer di tepi pantai dengan harga yang wajar. Menyeruput kopi sambil melihat hamparan gedung pencakar langit Doha dan ditampar angin laut, tentu menyenangkan, belum lagi ditambah khayalan when could we afford to buy that extremely nice looking, well positioned beachfront villa or seaside apartments bergaya Arab, Mediterranean, Europe? Ngayal!  Tambah satu cangkir kopi lagi untuk ngayal beli pulau. Ada 13 pulau yang dibangun di mana 8 di antaranya dijual untuk kepemilikan pribadi untuk di atasnya bisa dibangun apapun yang mereka suka!….menarik juga mungkin aku bisa namain Pulau Wahyu….

Salah satu pengkhayal......
Salah satu pengkhayal......

Tapi bener kalo tertarik katanya mortgage bisa sampe 25 tahun dan 85% dari harga bisa dibantu pembiayaannya. Cuma 20% deposit kok yang diperlukan pas reservation sisanya setelah unit selesai. Juga dengan membeli property ini Anda mendapatkan residence permit Qatar. Emang berapa sih harganya? Mbuh kurang tahu….gak berani nanya aku….

Kalo laut dan kapal adalah mainan Anda, Anda mungkin cocok di sini. Sebab, ada 3 marina yang sanggup menampung 1004 boat baik untuk boat pribadi maupun umum. Juga akan ada yacht club untuk menampung minat komunitas yachting.

BTW kenapa dinamakan The Pearl? Menurut cerita, lokasi ini dulunya bekas pengembangbiakan (tepatnya pencarian melalui diving) mutiara (pearl) alami. Sekedar menengok ke belakang, dulu Qatar terkenal akan produk mutiaranya dan mutiara menjadi sumber mata pencaharian utama penduduknya sampai Jepang menemukan teknik pengembangbiakan mutiara secara artificial (sebelum booming minyak dan gas di Qatar) sehingga mematikan pekerjaan turun temurun ini. Kalo Anda liat landscape Anda akan melihat tiga teluk bundarr dengan pulau di tengahnya, selayaknya mutiara di tengah cangkang kerang. Dan ekornya itu serupa untaian mutiara. Tapi anehnya menurut saya kalo diliat secara keseluruhan The Pearl seperti kuda laut….Am I right or not? 

 

 

The Pearl - Qatar
The Pearl - Qatar

 

Directions:

Dari kota Doha ambil jalan Al Istiqlal St ke arah utara. Teruskan perjalanan sampai melewati Qatar International Exhibition Center, lurus lewati 2 roundabout setelahnya,  sampai Anda melewati jembatan (Anda sudah masuk West Bay Lagoon), ambil jalur kanan untuk belok kanan di roundbaout sebelum  West Bay Lagoon Plaza (Zig-zag Tower), roundabout berikutnya lurus saja (yang ke kiri ke Hotel Ritz Carlton; ke kanan ke Diplomatic Club). Setelah lewat roundabout ini ambil jalur masuk untuk visitor. Masuk saja tanpa meninggalkan ID. Anda akan melewati jembatan causeway ke The Pearl. Selanjutnya hati-hati Anda akan memasuki roundabout yang dipagari sehingga Anda tidak bisa melihat mobil dari arah lainnya. Ambil exit ke-2, Anda akan sampai di Porto Arabia. Lurus terus sampai melewati mal (dengan counter Ferrari di sebelah kiri) kemudian jembatan dan akhirnya tempat parkir. Dari tempat parkir Anda bisa jalan kaki melalui jembatan atau naik shuttle bajaj yang disediakan pengelola.

Selamat berkunjung (dan berkhayal)!

Advertisements