Al Wakra

Berada 12 kilometer di pinggiran Doha, sekitar 10 menitan lah driving dari Doha.  Lebih jauh 20 km lagi ke selatan dari Al Wakra terletak Messaid. Dulunya pusat mutiara dan sekarang masih sebagai kota nelayan, Al Wakra menjadi  tempat hunian alternatif pekerja di Doha yang melarikan diri dari tingginya biaya rental rumah di ibukota. Alhasil, kemacetan kadang terjadi karena komuter bersaing dengan arus truk-truk dari dan ke Doha yang tanpa henti.

Kalau mau dipadankan barangkali Al Wakrah hampir sama dengan Kota Sidoarjo-nya Surabaya, dari sisi posisi dan fungsi. Bedanya Sidoarjo lebih terdeveloped dan lebih padat.

Jika Anda datang dari Doha melalui jalan airport, coba lewati tengah kota, lalui Shell roundabout, lanjut sampai roundabout berikutnya putari lalu ambil belok kanan. Jalan ini akan membawa Anda melalui bagian paling menarik dari kota ini.

 Bangunan-bangunan tua,masjid tua,  pelabuhan, dan pantai adalah sisi menarik kota ini. Bangunan tua memberi gambaran bagaimana Qatar kira-kira 50 tahun yang lalu. Pelabuhan, meskipun sedang digali dan dibangun masih memberikan ruang bagi dhows.

Ada dua pantai yang sering dikunjungi orang-orang. Pantai pertama terletak di dekat taman kota dan yang lain di pelabuhan. Pantai yang pertama sangat landai sampai ke tengah laut. Saat kami datang ke sana bahkan banyak mobil yang berkendara sampai ke tengah dengan kedalaman air yang masih semata kaki. Agak jauh ke tengah ada gosong pasir. Dengan orang main sepakbola, keluarga yang barbeque, atau anak-anak berenang, pantai ini selalu ramai.

Pantai yang kedua ada di pelabuhan. Dengan kedalaman yang agak lumayan, pantai ini cocok untuk berenang. Selain itu, kalo malam Anda akan sering mendapati kelompok pemancing di pinggiran dermaga pelabuhan.

Saat ini area pantai sedang dikembangkan secara masif. Selain pantai, memancing atau mencari makan makanan Indonesia tidak banyak yang bisa dilakukan di Wakrah. Bahkan mall pun tidak ada. Agak aneh memang mengingat tempatnya yang dekat dengan ibukota.

Advertisements

3 thoughts on “Al Wakra”

  1. Ass.wr.wb.
    Pak Wahyu, sebetulnya saya bukan mo comment, tapi mo nanya, ada fasum (fasilitas umum) seperti sekolah, rumah sakit dan pusat perbelanjaan gak di Al Wakra ?
    Berapa lama harus ditempuh dari Al Wakra untuk mencapai sekolah yang terdekat di Doha ? dan apa nama sekolah tersebut ? Mohon dibalas.
    Terima kasih.

    1. Ibu, fasilitas umum ada di Wakrah tapi agak terbatas. Sekolah international sepertinya tidak ada. Adanya sekolah dasar negeri Qatar. Umumnya orangtua menyekolahkan anaknya ke sekolah international di selatan Doha (misal daerah D-ring road, Abu Hamour), sekitar 15-30 menit, tergantung lokasi. Rumah sakit dan emergency center ada (sepertinya Ibu harus memiliki health card dari negara). Pusat perbelanjaan seperti mal tidak ada, yang ada hanya minimarket yang tersebar di penjuru kota. Umumnya warga Wakrah berbelanja di hypermarket terdekat seperti di daerah airport (sekitar 10 km-an). Di situ ada Dasman Center, Giant Store, Family Food Center, dst. Dulu orang tinggal di Wakrah karena faktor tingginya sewa rumah. dengan harga sewa rumah di Doha yang turun sekarang ini Wakrah agak ditinggalkan oleh pekerja. Semoga membantu.

Comments are closed.