Links

This is a list you may want to check for my stuffs and Qatar related information:

ALL ABOUT QATAR

Qatar Living (http://www.qatarliving.com) – Everything you need to know about Qatar

Tentang Qatar (http://www.tentangqatar.com) – Also about Qatar – a weblog written by an Indonesian

Qatar Tourism (http://www.qatartourism.gov.qa)

MINISTRIES

Ministry of Interior (http://www.moi.gov.qa/site/english/) – For immigrations/formalities and traffic violations

COMPANY

Qatargas (http://www.qatargas.com)

Qatar Petroleum (http://www.qp.com.qa )

RasGas (http://www.rasgas.com)

Qatalum (http://www.qatalum.com) – Qatar Alumunium

Qapco (http://www.qapco.com) – Qatar Petroleum Company

Qafco (http://www.qafco.com) – Qatar Fertilizer Company

Qtel (http://www.qtel.com.qa) – Qatar Telecom

Al Jazeera English (http://english.aljazeera.net) – News

VACANCY

Bayt (http://www.bayt.com)

Gulftalent (http://www.gulftalent.com)

Permindo (http://www.permindo.com)

TRAVEL

Qatar Airways (http://www.qatarairways.com/global/en/homepage.html)

Etihad (http://www.etihadairways.com)

Emirates (http://www.emirates.com)

49 thoughts on “Links”

  1. HI, EVERY YEAR I COME TO UAE TO INCREASE OUR WORK
    IN SPECIAL EQUIPMENT SPARE PARTS FOR SWEEPERS, COMPACTORS, EARTH MOVING AND MANY OTHER.
    NEXT YEAR I WANT TO MAKE A TRIP SIMILAR TO YOURS BETWEEN
    Oman, Bahrein, ….UAE…Do you have a good ( quality and
    price ) travel agency that can help to make this ??
    Your cooperation will be much appreciated.
    Regards.
    ENZO

    1. Hi, thanks for visiting my blog. And sorry for late reply. I never get a chance to use a travel agency for my trip. What I read from newspaper, Regency Tours and Travel is frequently given awards. Try to browse through internet. Sorry if it doesn’t help.

      1. Bos senang dengan foto foto ente diluar negeri dan kicauan ente, menurut ente TKI kita yang mengalami penyiksaan di Luar Negeri bagaimana mengatasinya?terus dari ente pribadi apa kontribusi ente untuk mengurangi TKI yang bernasib naas tersebut?entek punya ide?

  2. I have been in Qatar for 2 months and have learned more from your blog than any other resource. Thanks so much for the detailed information. I have been sitting here reading for quite a while and can’t get enough. Do you know where we can take some beginning Arabic and a quick cultural class? Thanks for the assistance
    rhonda

    1. Hi Rhonda, Fanar (Qatar Islamic and Cultural Center) offers Arabic Class at minimal fee (QR300?). 2 times a week. Check at women section on the third floor. Qatar Guest Center also offers similar class.

  3. Loved your review of the Istanbul trip. I am going on a tour of the Cultural center today. You listed in your events section an art exhibit for expat women on 3/28 – 30. It is at the Ladies Creative Center. Where is that? I would love to go to it and possibly enter it next year. Thanks for all the good information. You are my first source to check in Doha.

    Thanks

    1. Shame on me Rhonda as I don’t know where Ladies Creative Center is :). I am sorry about that.

  4. No Problem, you seem to know everything else. If I find out I will let you know. There is a creative learning center in AlWakra and I saw where there were exhibiting local artists so I will check on that. Thanks for all the information.

  5. Hi Pak Wahyu,

    Nice blog. Banyak sekali informasi yang bermanfaat seputar kehidupan Qatar, perusahaan serta lainnya.

    Mohon info nya Pak terkait dengan beberapa hal, sepengetahuan saya di Indo sendiri ada 2 perusahaan Qatar yang secara regular melakukan recruitment, yaitu QatarGas & RasGas. Diantara 2 perushaan tersebut apakah menawaekan paket remunerasi (incl. Salary) yang relatif sama untuk suatu posisi yang sama? atau, manakah yang cenderung lebih “bonafid”.
    Pertanyaan kedua, untuk recruitment sendiri apakah bisa di direct atai via Outsourcing Company/3rd party karena saya dengar bila via 3rd party maka terdapat “pemotongan” remunarasi/benefit.

    Mohon info nya. tks
    panie

    1. Pak Panie,
      Dua perusahaan itu sama bonafidnya. Remunerasinya pun sama. Yang membedakan adalah kalau Rasgas shareholdernya QP dan ExxonMobil, kalau Qatargas bermacam-macam: QP, Total, ExxonMobil, Shell, ConocoPhillips, Mitsui.
      Pepatah rumput tetangga keliahatan lebih hijau berlaku. Jadi kalo ditanya kebanyakan orang akan bilang ‘tetangganya’ lebih bagus.
      Recruitment bisa lewat direct atau melalui agen. Apakah yang Bapak maksud 3rd party ini agen seperti Gunamandiri, Uzma, atau NES? Kalo iya, tidak ada potongan remunerasi. Mereka akan dapat komisi terpisah dari company dan tidak ada hubungan apapun (i.e. potongan) terhadap remunerasi calon employee. Semoga membantu. Salam.

  6. Pak Wahyu,

    Terima kasih sekali atas infomasinya.
    Untuk sistem remunerasi di Qatar itu bagaimana ya Pak, saya sudah baca beberapa paket remunerasi yang di dapat teman-teman yang di posting di beberapa blog dengan base salary yang cukup menarik.
    Saya penasaran, selain base salary & allowance yang di peroleh, sepengetahuan saya ada juga annual bonus/production juga dalam kaitannya dengan appraisal/performance individu. Yang ingin saya ketahui, berapa kali average base salary kah yang di peroleh pekerja Indo selama 1 tahun-nya di perusaahan besar seperti Rasgas & Qatargas. Karena saya baca, rata-rata hanya memperoleh 14x Base salary saja per tahun nya.

    Kebetulan saya sekarang bekerja di mining company, disini structure remunrasi nya cukup berbeda dengan beberapa Oil & gas company yang saya ketahui. fyi, dalam 1 tahun di mining company bisa mendapat 18x – 22x basic salary (12x base salary + Bonus + THR dsb).

    Saya ingin coba hitung est. berapa perbedaan annual THP (Take home Pay) nya pak sebagai pertimbangan saya untuk ikut hijrah ke Qatar seperti teman2x yang lain 🙂 .

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Bonus di oil and gas company memang tidak sebesar bonus untuk mining apalagi bank dan telekomunikasi. In average kalo Anda survey mungkin hanya 2-3 basic salary tergantung company performance, service year dan hasil performance appraisal.
      Total THP memang harus dipertimbangkan Pak tidak hanya basic salary. Tapi yang lebih penting sebenarnya – bagi saya – total saving. Selain itu ada beberapa hal yang tidak bisa dinilai dengan uang bagi sebagian orang. Salam.

  7. Pak Wahyu,

    100% saya setuju dengan Bapak, termasuk mengenai total saving-nya Pak, buat apa dapat earning yang besar kalo tidak ada saving-nya 🙂 . Hal lain yang saya consider adalah quality of life seperti bisa selalu dekat dengan keluarga serta hidup normal (bukan di hutan atau remote area hehe).

    Baik Pak, terima kasih atas info serta advise nya, artinya sebagai perbandingan annual THP yang bisa saya gunakan sebagai referensi adalah sekitar 14-15x base salary per tahun nya.

    Senang bisa berdiskusi dengan Bapak. Nanti bila butuh advise saya boleh ya minta dari bapak & berdiskusi lebih lanjut.
    Oh ya Pak, saya baru saja add likedln bapak. Mohoon friend request-nya di accept.
    Salam Ganesha!!

    rgds

  8. Dear Pak wahyu,

    Saat ini, saya masih bekerja di petrochemical as hse di jawa timur. Beberapa minggu yang lalu, marketing pt. guna mandiri menghubungi saya, untuk melakukan interview di abu dhabi (adco) as safety & loss prevention engineering, yang insya allah pada akhir april 2011.

    Adapun yang ingin saya ketahui :
    1. perbedaan job description loss prevention dan hse
    2. alur proses recruitment dari perusahaan di timur tengah
    3. living cost di abu dhabi, dan lainnya yang mungkin dapat di jelaskan

    Terima kasih atas perhatiannya

    Salam,
    arief widodo

    1. Pak Arief:
      1. Perbedaan utama di antaranya Loss PRevention lebih ke arah Process Safety Engineering sementara HSE lebih ke arah occupational safety. Tapi meski demikian banyak perusahaan yang mencampuradukkan.
      2. Alurnya biasanya dimulai dari telephone interview, site interview and preliminary medical check, preliminary offer, negotiation, dan permanent job offer.
      3. Saya kurang mengerti banyak cost of living di Abu Dhabi. Dari sisi akomodasi dan petrol yang jelas lebih mahal dari DOha. KEbutuhan lain saya pikir hampir sama.

  9. Hello Wahyu Family! Amazing blog you’ve got here! I’ve lived in Qatar all my life and it’s nice to see it through a newbies eyes! =]

  10. Yth. Pak Wahyu,
    Saya Nunuk, Suami saya bekerja di Qatar, tepatnya di Qafco, Doha, sejak April 2011. Tetapi saya dengar sejak 25 November 2011, suami saya di phk secara sepihak tanpa pemberitahuan beberapa bulan sebelumnya, dan sejak bulan Oktober 2011 gajinya belum dibayar. Shg sekarang suami saya terkatung-katung di sana dan tdk bisa pulang ke indon, krn paspornya masih ditahan di HR dgn alasan untuk pengurusan clearance. Apa yg harus saya lakukan, pak? Mengapa hal seperti ini bisa terjadi, ya Pak?

  11. Ibu Nunuk, sebelumnya saya ikut simpati atas apa yang terjadi pada suami Ibu. Membaca cerita Ibu ada beberapa kemungkinan:
    1. ada masa probation 6 bulan di mana dalam masa itu kedua belah pihak bisa memutuskan hubungan. Dalam pihak perusahaan biasanya karena alasan performance atau pelanggaran
    2. ada masalah dengan pelanggaran policy perusahaan yang cukup berat (biasanya jika menyangkut safety, kode etik atau code of conduct)
    3. ada masalah dengan orang lokal
    4. ada masalah dengan pelanggaran terhadap aturan negara (misalnya: politik, agama, kenegaraan?)
    Clearance untuk bisa exit memang bisa memakan waktu lama karena ada banyak hal yang harus diclearkan (housing, bank, tagihan2, visa).
    Ada baiknya Ibu bertanya baik-baik ke suami jika ada hal salah yang disadari/tanpa disadari telah dilakukan. atau meminta suami untk bertanya ke HR perusahaan. Jika order untuk keluar Qatar berasal dari CID (instansi pemerintah Qatar – Criminal Investigation Department), biasanya CID berhak untuk tidak memberikan alasan.
    Yang penting sekarang mungkin next step. Suami Ibu mungkin sudah tahu jika memungkinkan bisa minta NOC agar bisa pindah ke perusahaan lain di Qatar.
    Semoga diberikan kemudahan ya Bu….

  12. Assalamualaikum Pak Wahyu,

    Saya ingin bertanya tentang “exit permit” bagi visitor yang tinggal di Qatar lebih dari sebulan apakah benar menurut peraturan sekarang diperlukan. Ada kawan saya yang bilang demikian,bahkan banyak family mereka yang tertunda keberangkatannya karena tidak mengantongi exit permit. Agak janggal menurut saya,jadi mohon pencerahannya.
    Terima kasih.

    Wasalam
    Budi

    1. Waalaikumsalam Pak Budi.
      Ini tercantum di Law no.04 2009, Article 18.

      Every expatriate granted a visa to enter the state shall have a sponsor.
      Other than women sponsored by the father and the minors and visitors visiting the state for no
      later than 30 days, expatriates may not leave the state temporarily or permanently unless they
      provide an exit permit issued by the Residence Sponsor.
      If such permit cannot be obtained due to the rejection by the sponsor to grant such permit or
      the death or absence of the sponsor without appointing a representative of such sponsor, the
      expatriate may provide an exit sponsor or a certificate that there are no judgments under
      execution or claims made against the expatriate issued by the competent courts after 15 days
      from the publication of a notice in two daily newspapers for once prior to the Departure of
      the Expatriate from the state, all in accordance with such procedures and measures issued
      under a resolution by the Minister.

      1. Terima kasih banyak Pak Wahyu,sungguh pembelajaran yang sangat bernanfaat dan patut dishare ke kawan-kawan yang belum mengetahui.
        Sukses selalu untuk Anda dan blog Anda ini.

  13. Mas Wahyu,

    seingat saya, mas wahyu pernah kuliah atau sertifikasi di singapura selama 1 atau 2 tahun sebelum pindah ke Qatar.
    bisa tolong diinformasikan nama lembaga tsb?

    background saya adalah electrical design, operation & maintenance di building & telekomunikasi tetapi saya tertarik untuk pindah ke oil & gas, menurut mas wahyu, job title/function apa yang banyak dibutuhkan di oil & gas? dan memerlukan sertifikasi apa?

    terima kasih.

    1. Betul Mas. Saya pernah kuliah satu tahun ngambil master MSc Safety Health Environment di National University of Singapore.
      Hampir semua function dibutuhkan di oil and gas. Sertifikasi hanya salah satu pendukung saja, lebih tepatnya sebagai competitive advantage. Experiences and skill yang menentukan. Tentu saja sertifikasi bervariasi tergantung profesi. Tidak masalah pindah ke oil and gas, toh background ilmunya hampir sama hanya subjectnya yang berbeda. Mungkin mulai dicoba untuk apply?

      1. terima kasih atas infonya, mas
        saya sudah melamar ke QP, QG dll tapi belum berhasil makanya mungkin harus nambah ilmu dulu.
        terakhir saya interview dengan Chiyoda Almana bulan maret lalu tapi belum ada kabar lanjutannya lagi

    1. Hi Adeel, you’re most welcomed. Right now we are idle for summer and vacation. We’ll surely be back in the winter!

  14. HI I am Enzo Calabrese from Italy and once a year i come to UAE for business contact. Nex time i would like to come also to Doha. It is possible to contact you before and during my stay there ?? Thank you. Enzo – Contact also via facebook and twitter.

  15. Hi Wahyu,

    I couldn’t find a link for your email, so I will post my comments here.

    Very nice site! Lots of stories, which are easy to relate to for the common Qatar expat. I also run an expat website and was wondering if you would like to exchange links? I can post your link to the main page of my site. (No problem if you are not interested.)

    Good luck,
    Ryan

  16. Assalamualaikum. Tulisan pak wahyu sangat informatif sekali apalagi dengan foto-foto perjalanan kebeberapa negara bersama keluarga. Sangat menyenangkan. Pak bisa sy mendapatkan alamat email bapak? karena sy ingin menanyakan berita kerabat yang sudah tidak ada kontak sejak 10 Mei 2012. Terakhir sedang offshore dan direncanakan pulang tanggal 4 juni 2012. namun hingga hari ini belum ada kabar. Sempat bertanya kebeberapa rekan kerjanya serta KBRI di qatar juga masih belum ada kabar. Jika bapak berkenan membantu memberikan informasi, sy akan email kan identitas nya secara lebih detail. Terima kasih pak atas partisipasinya. May Allah bless u and fam

    1. Pak Alvin, saya sudah reply di milist tentangqatar mengenai pertanyaan Bapak perihal saudara yang lost kontak.

  17. Dear Pak Wahyu,

    Saya kiranya dihubungi headhunter kalau saya dapat bergabung di Qatargas. Penasaran, seperti apa proses adaptasi dari Indonesia ke Qatar? Apakah saya boleh membawa keluarga? Berapa ya offering yg pantas saya minta? Bukan apa-apa, cerita pengalaman Bapak di Qatar menginspirasi banget. Pengen punya pengalaman yg sama.

    Mohon sarannya, Pak.
    Terimakasih.

    email saya: sri.khresno@yahoo.com

    1. Aduh, mohon maaf terlambat membalas pertanyaannya. Semua karyawan Qatargas boleh membawa keluarganya. Peraturan dari negara Qatar sendiri, sponsor baru bisa membawa keluarganya jika penghasilannya minimum QR10,000 per bulan. Mengenai offering tergantung posisi, dan kualifikasi (background, experience, etc.) pelamar sendiri. Mengenai adaptasi, jangan kuatir. In Shaa Allah bisa beradaptasi dengan mudah

  18. Pak Wahyu Hidayat, saya dipanggil interview untuk posisi Instrument Engineer di Chiyoda Almana, saya baru saja lulus sarjana teknik elektro dari itb. Kira-kira ekspektasi gaji untuk bekerja disana kisaran berapa ya, Pak? Terutama untuk freshgraduate.
    Terima kasih,

  19. Pak Wahyu,

    Saya ingin bertanya apakah Bapak tahu rate gaji freshgraduate s1 untuk bekerja di Chiyoda Almana Qatar bagian Engineering?

    Terima kasih.

  20. Asslamualaikum Pak Wahyu,

    Saya dipanggil interview oleh Ras Gas untuk posisi Process Operator. Saya sama sekali belum ada pengalaman kerja di Qatar. Berapa salary yang bisa ditawarkan serta benefit lainnya jika sekiranya saya diterima. Terus soal keluarga saya punya anak tiga dan satu masih dalam kandungan apakah diprovide oleh perusahaan tersebut. Makasih

    1. Waalaikumsalam Pak Hendra. Mohon maaf terlambat membalas. Setahu saya dari kawan-kawan yang bekerja di RasGas, dengan family status, jumlah anak yang ditanggung empat. Rumah dan utilities disediakan oleh company. benefit lain di luar basic salary adalah tunjangan lokasi, tunjangan transport dan commuting. Sekolah anak dan medical juga ditanggung plus biaya perjalanan tahunan pulang ke point of origin. Untuk gaji, lebih baik coba search di Qatarliving.com, sering ada orang dengan real case dan offered salary bertanya di situ. Mungkin bisa dijadikan reference. Semoga berhasil!

  21. Assalammualaikum Pak Wahyu….

    Saya mungkin bisa dikatakan baru di bidang safety, tapi seandainya saya mau belajar safety lebih mendalam apakah saya boleh belajar dari bapak?

  22. assalamualaikum mas wahyu.
    alhamdulillah saya lulus interview di qafco dan tinggal medical, yg ingin saya tanyakan apakah di qatar nanti masih ada medical test lg oleh qafco, berapa lama setelah kita tiba disana resident permit bisa didapat?
    untuk salary waktu pihak qafco presentasi sekitar 8500 qar posisi field operator dgn family status.apakah itu cukup untuk hidup di qatar dgn 2 anak? seperti mas wahyu bilang diatas ada aturan pemerintah untuk bisa bawa keluarga harus salary min 10 ribu qar.apakah ada tambahan lagi selain salary yg telah disebutkan ?
    terima kasih atas bantuannya
    salam

    doni

    1. Waalaikumsalam Mas Doni. Alhamdulillah lulus interview. Selamat ya. Kalau Mas Doni diundang site interview biasanya ada medical test juga. Jika tidak maka medical test yang di Indonesia yang dipakai. Untuk keperluan residence permit ada medical test tersendiri dari Qatar Medical Commission. RP bisa didapat dari mulai 3 minggu sampai 2 bulan tergantung waktunya. Jika rumah, medical, transport dan sekolah sudah ditanggung company maka dengan 8000 mungkin masih bisa menabung sedikit. Biasanya di luar basic salary akan ada allowances untuk transportation, location atau commuting. Tergantungnya companynya. Saya sendiri kurang tahu yang di Qafco.

      Salam.
      Wahyu

  23. HELLO MR Wahyu Hidayat
    I AM HAŞMET TURKOZU FROM TURKEY I HAVE ONE QUESTİON.WHAT DOYOU THINK ABOUGHT FOR MESAİEED ACROOS ABUDABİ FERRY BOAT TRİP TOTAL TİME 2H/30MİN YOU AND FAMİLY AND YOUR CAR İNCULD 175$+35$PER*PERSON ( DRIVER NO PAY ).
    NO PASS SAUDI DIRECLY ABUDABİ ON FERRY BOAT.YOU CAN TAKE COFFEE SANDWİCHS DESERT KEBAP SUVLAKİ SAME DRİNKS BECOUSE ONBOARD DUTY FREE. TOU DONT DRİVE 350 KM AND QATAR SAUDI BORDER AND SAUDI BORDER UAE. ONLY QATAR BORDER BEFORE CHECK İN BOAT AND 2AND HALF HOUR AFTER ONLY ABUDABİ BORDER PASS. FİNALY YOU PAY ONLY CAR 175$
    +35$ PER PERSON TİCKET $DUTY FREE SHOP AND COFFE SAME EATTING AND DRINKS.
    PLEASE WHATDO YOU THINK THIS NEW IDEA.
    THANKS FOR READ OUR MAİL
    HAŞMET TÜRKÖZÜ
    MARİNE MECHANİCAL ENGİNEER

  24. Assalamualaikum Wr.Wb Mas Wahyu,

    Maaf ni kalau menggangu, saya mau minta tolong ni mas..

    Berapa ya gambarannya salary rate, seperti basic, allowance, dsb,untuk posisi “OCTG Inspector” dengan klien ZADCO/RASGAS/ADCO & sejenisnya di Qatar, dengan frekuensi kerja 8 jam selama 6 hari dalam 1 mnggu.
    Sebagai catatan: akomodasi, transportasi, ticket, medical insurance di tanggung perusahaan.

    Mohon dengan sangat penjelasannya ya Mas…makasiih banyak.

    Email saya: su_riyanto@yahoo.com

Leave a comment

An explore dream discover life episode of an Indonesian family in Qatar