Shell Pearl GTL

Dari Koran The Peninsula, 7 Feb 2009 diberitakan bahwa Shell, perusahaan minyak Eropa terbesar kedua, melalui Pearl GTL venture di Qatar (production sharing agreement dengan QP) akan melakukan pengeboran 22 sumur lepas pantai yang akan memasok gas alam ke fasilitas GTLnya di Qatar.

Shell.com)
Pearl GTL under construction, 3 Feb 09 (Source: Shell.com)

 

Pearl GTL merupakan venture GTL terbesar di dunia, dikembangkan berdasarkan skala yang lebih kecil dari plant GTL di Bintulu, Malaysia. Shell akan mengebor masing-masing 11 sumur di dua platform yang terletak 60 kilometer offshore di North Field pada kedalaman 40 meter. Pearl GTL yang akan startup pada akhir decade ini akan menghasilkan 140 ribu barel bahan bakar cair dan 120 ribu barel kondensat dan LPG dari konversi 1.6BCFD gas alam.

Shell berencana meng-counter lost output di Nigeria dan Russia dengan melakukan penambangan pasir minyak (oil shale) di Kanada dan mengembangkan venture di Qatar. [Namun menurut temenku yang kerja di sana, proyek GTL yang ambisius ini sudah sangat overbudget, dan rencana oil shale juga kemungkinan ditunda akibat krisis ekonomi].

Sebanyak kurang lebih 40,000 orang bekerja membangun GTL plant di Ras Laffan, Qatar dan 2 juta tons prefabricated parts sedang menuju ke site. Sementara 12 reaktor yang digunakan untuk membuat GTL telah dipasang. Kontraktor utamanya adalah KBR dan JGC Corporation.

Kita tunggu aksi dari the world’s biggest GTL venture ini……

Advertisements

2 thoughts on “Shell Pearl GTL”

    1. eh…masih ada toh ilmu geologinya…..gini nih kalo insinyur teknik kimia nerjemahin bahasa batu…hi…hi…hi

Comments are closed.